Senin, 02 Oktober 2017

SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI / TEKNOLOGI INFORMASI YANG TERKAIT INOVASI (HARDWARE, SOFTWARE DAN KOMUNIKASI)

 I. LATAR BELAKANG


Perkembangan teknologi komunikasi yang terus mengalami peningkatan dan perkembagan dari masa ke masa dengan berbagai perubahan yang terinci, perkembangan juga mempengaruhi kehidupan masyarakat baik secara sosial, ekonomi maupun kehidupan politik. Terutama dengan berkembangnya teknologi media baru.

Perubaha besar yag dilakukan pada tahun 1980 pada tiga teknologi komunikasi yakni era dimana informasi menjadi hal yang penting yaitu telpon, televisi dan jaringan komputer. Seiring dengan berkembang zaman, ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang KOMUNIKSI makin berkembang degan pesat, hal ini pula yang merupakan salah satu faktor pendukung yang mendorong laju di Era Globalisasi. Dalam kurun 30 tahun belakangan ini, muncul berbagai macam inovasi-inovasi teknologi modern yang canggih yang ahir seiring berkembanga kemajuan teknologi yang terus memberikan berbagai macam manfaat positif yang berguna bagi kebutuhan manusia

Mempejari tetang komunikasi teramat penting karena setiap manusia yang tidak berkomunikasi berarti itu telat mati atau tidak ada maka dengan seiring berjalanya waktu perkembangan komunikasi semakin melesat karena terpengaruhi oleh daya pikir manusia semakin luas dan fasilitas yang tersedia, menceritakan kembali pada zaman dahulu orang-orang berkomunikasi dengan gambar/lukisan dan tulisan untuk menceritakan kembali apa yang telah terjadi, sehingga orang zaman sekarang membuat penelitian apa yang dilakuka oleh orang pada zaman dahulu. Semakin menarik untuk ditelusuri tetang sejarah dan perkembangan komunikasi, karena begitu luasnya dan begitu hebatnya berkomunikasi


II. ANALISA

Perkembagan Teknologi Sistem Informasi dan Komunikasi

Perkambangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara peyampaian informasi dalam perkembagan (yang selanjutnya dikenal dengan istilah teknologi informasi dan komunikasi). Sejak zaman prasejarah, cara manusia menyampaikan informasi berkomunikasi terus berkembang sampai saat ini.
Telah banyak ditemukan teknologi-teknologi informasi dan komunikasi yag saat ini  sebagia sudah usang dan sebagian masih terus dipakai, bahkan terus diteliti dan dikembangkan agar lebih maju.

1. Masa Prasejarah

a. Masa (....s/d 3000 SM)

Pada zaman dahulu sebelum manusia mengenal akan dunia teknologi dan informasi, teknologi dan iformasi pada zaman ini berfungsi sebagai suatu sistem untuk pengenalan bentuk-betuk yag mereka kenal. Segala bentuk informasi yang mereka dapatkan seperti tentang berburu tetang buruan binatang, dan sebagainya mereka gambarkan pada dinding-dinding gua. Hal ini mereka lakukan sebab komunikasi mereka hanya sebatas suara da isyarat tangan, Perkembagan berikutnya diciptakannya sebuah alat yang dapat menghasilkan suara atau buyi-buyian seperti kendang terompet yang dibuat dari taduk atau isyarat asap sebagai lambang atau pertanda bahaya.


kendang terompet dari tanduk



b. Masa 2900 SM

Pada 2900 SM, bangsa Mesir kuno meggunakan huruf hieroglif, hieroglif merupakan bahasa simbol, dimana setipa ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Jika simbol-simbol tersebut digabungkan menjadi satu rangkaian, maka akan menghsilkan sebuah arti yang berbeda, bentuk tulisan da bahasa hieroglif ini lebi maju dibanding dengan tulisan bangsa Sumeria.


huruf hieroglif


c. Masa 500 SM

Pada 500 Sm, manusia sudah mengenal cara membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai Nil. Serat papyrus dapat digunakan sebagai kertas, kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus menjadi media untuk menulis atau media menyampaikan informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya juga digunakan sebagai media iformasi.

Serat papyrus

d. Masa 105 M

Pada zaman ini bangsa Cina memakai muka kertas. Kertas yang ditemuka oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang dikenal sekarang degan sistem cap.

kertas cina


2. Masa Modern (1400M sd Sekarang

a. Tahun 1455

Untuk pertamakalinya ditahun ini Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan alat huruf yang terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.

b. Tahun 1830

Agusta Lady Bron membuat dan menulis program komputer yang pertama didunia, ia bekerja sama dengan Charless Babbage meggunakan mesin aalytical yang didesain sehingga mampu memasukan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keuaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama, walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.

c. Tahun 1837

Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatsone yang dikirim secara elektronik anatara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu untuk dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan digunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dihalangi oleh jarak da waktu.
telegraf


d. Tahun 1861

Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang. Pada zaman dahulu proyektor ini berkembang degan sebutan layar tancap.

e. Tahun 1876

Pada tahun ini ditandai dengan Tokoh Melvyl Dewey yang mengembagkan sistem penulisan desimal.

f. Tahun 1877

Pada tahun ini Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum tahun 1879 telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem pemanggilan nama, hali ini untuk mencegah operato yang tidak mengenal semua pelanggan, sistem penomoran telepon menggunakan huruf dan agka, dimana nomor telepon menggunakan sistem dua huruf dan lima digit angka.

g. Tahun 1889

Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu profesi untuk melakuka perhitugan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yag lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi biri sensus Amerika, sensus yang dilkukan tahun 1880 membutuhkan waktuh tujuh tahu untuk menyelesaikan perhitungan

h. Tahun 1899

Menggunakan sistem penyimpanan dalam tipe (pita) magnetis yang pertama tetapi pada zaman ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital.

i. Tahun 1923

Pada zaman ini Zvorkyn meciptakan tabung tv yang pertama.

j. Tahun 1931

Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan diferensial, mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yag selama ino dianggap rumit oleh kalangan pelajar da mahasiswa. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.

k. Tahun 1939

pada tahun ini Dr. John V.Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama, sejak saat ini komputer mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih mengenai sejarah perkembangan komputer 

l. Tahun 1973-1990

Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jarigan yag kemudia dikenal sengan istilah TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA. Pada tahun 1981 National Science Fondation mengembangka Backbone yag disebut CSNET denga kapasitas 56kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. kemudian di tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya : DDN, DARPA, ARPANET, dan internet Gaterway

j. Tahun 1991- Sekarang

Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menaggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. Pada tahun 1992 komunitas internet pertama kali dibentuk, kemudian diperkenalkan dega istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN. Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC dalam rangka untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dari penyimpana data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh general atomics/CERFnet). Pada tahu 1944 pertumbuhan melaju degan sangat cepat dan mulai merambah ke dala, segala kehidupan manusia. Tahu 1995, perusahaan umum mulai diperkealkan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone.




III. KESIMPULAN

Komunikasi merupakan basic social process dalam kehidupan manusia. Satu hal yang fundamental dan sangat diperlukan dalam kehidupan setiap manusia. Tanpa komunikasi manusia tidak dapat berinteraksi degan sesamanya dan tidak akan berkembang. Fenomena inilah yang membuat komunikasi terus mangalami perubahan dan perkembangan. Perkembagan dan perubahan inin bisa saja berjalan dengan pelan, tetapi ada yag berjalan dengan sangat cepat juga karena adanya pertentangan antara paradigma yang terdahulu dengan sekarang dan sering disebut revoulusi, Dengen memperhatikan perkembangan sejarah di dunia ini, dan kita mengerti sampai berapa jauhkah perkembangan berikutnya dalam bidang ini



REFERENSI

https://siregarsiti.wordpress.com/2014/06/01/perkembangan-perangkat-komunikasi-dari-masa-ke-masa/
http://moeztro-us.blogspot.co.id/2014/05/sejarah-perkembangan-alat-komunikasi.html

0 komentar:

Posting Komentar