Rabu, 06 Juni 2018

SOFTSKILL SOAL ESSAY







1.      Jelaskan macam-macam layanan manajemen sistem informasi!

  ITIL (Information Technology Infrastructure Library)

·         ITIL atau Information Technology Infrastructure Library adalah suatu rangkaian dengan konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan (TI). Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya.
·         ASL (Application Service Library)
ASL adalah sebuah framework untuk proses manajemen aplikasi. ASL adalah domain publik standar untuk manajemen aplikasi. ASL adalah standar yang independen, terpisah dari IT Infrastructure Library (ITIL), tetapi terkait dengannya dalam pengertian kepatuhan terhadap standar-standar untuk mengelola proses dan memberikan keterkaitan yang erat, kepatuahan dari kumpulan publik domain dari suatu pedoman.
·         COBIT (Control Objective For Information and Related Technology)
COBIT dikeluarkan oleh IT Governance Institute (ITGI). COBIT digunakan untuk menjalankan penentuan atas IT dan meningkatkan pengontrolan IT. COBIT juga berisi tujuan pengendalian, petunjuk audit, kinerja dan hasil metrik, faktor kesuksesan dan maturity model.

2.          Jelaskan dan sebutkan teknologi MLSI, beserta contoh!

ITSM berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti TQM, Six Sigma, Business Process Management, dan CMMI). Disiplin ini tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan TI dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi
Contoh Manajemen Layanan Sistem Informasi pada bisnis : GOJEK
Sistem POA (point of sale) yang diterapkan di pasar swalayam dengan dukungan barcode reader yang mempercepat pemasukan datq

3.       Sebut dan jelaskan strategi design dalam merancang aplikasi manajemen layanan sistem informasi?

Desain Layanan merupakan elemen penting dalam proses perubahan bisnis. Peran Desain Layanan dalam proses perubahan bisnis dapat didefinisikan sebagai Desain yang tepat dan inovatif layanan TI, termasuk arsitekturnya, proses, kebijakan dan dokumentasi, untuk memenuhi kebutuhan sekarang dan masa depan bisnis yang telah disepakati
Aspek utama dari design layanan:
-    Solusi layanan baru atau perubahan.
-    Sistem manajemen layanan dan perangkatnya, khususnya Portfolio Layanan.
-    Arsitektur teknologi dan sistem manajemen.
-    Proses, peran dan kemampuan.
-    Metode pengukuran dan satuan.

Ada 4 strategi :
·         Perspektif: Visi untuk menentukan arah dan tujuan dalam bertahan dalam pasar dunia.

·         Position: Memanfaatkan keunikan posisi sebagai dasar untuk berkompetisi.

·         Plan: Rencana bagaimana provider layanan akan meraih visinya.

·         Pattern: Pola dasar yang dilakukan berulang dalam pengambilan keputusan yang biasanya berdasarkan tema pokoknya.


4.       Perlukah keamanan untuk manajemen layanan sistem informasi, berikan alasannya?
Perlu karena ketika kita membuat layanan sistem informasi, maka akan ada banyak data-data penting yang ada di sebuah server. Jika data-data penting itu dihack atau dicuri oleh orang lain maka data penting perusahaan akan tersebar secara global dan perusahaannya sendiri yang akan rugi.

5.       Sebutkan macam-macam aplikasi berbasis mobile dan web untuk MLSI ?

Kitabisa adalah platform untuk menggalang dana dan berdonasi secara onlin (crowdfunding) terpopuler di Indonesia
Sejak tahun 2013, Kitabisa menyediakan wadah dan teknologi online bagi individu, komunitas, organisasi, maupun perusahaan ( sebutzn para #OrangBaik) yang ingin:

·   Menggalang dana dengan membuat halaman donasi online (kami sebut halaman campaign) untuk beragam tujuan sosial, personal, kreatif dan lainnya.
·      Berdonasi kapan saja secara online ke campaign-campaign di Kitabisa sesuai dengan kategori atau organisasi yang ia peduli. 
·    Dengan semangat gotong-royong menghubungkan kebaikan, Kitabisa menerapkan kebijakan open platform. Artinya, dalam hitungan menit siapapun dapat membuat halaman donasi di Kitabisa selama mereka melengkapi syarat verifikasi identitas dan tidak melanggar hukum di Indonesia 









0 komentar:

Posting Komentar