Pada
Tugas kali ini saya akan menjelaskan beberapa fungsi dari prinsip animasi yang
digunakan dalam cuplikan animasi yang akan saya bahas yaitu dengan judul Animasi
Nusa dan Rara yang mana sebagai film kartun animasi bertemakan islami yang menceritakan edukasi atau pembelajaran mengenai agama islam,
animas Nusa dan Rara dibuat dengan
baik dari segi audio, animasi, pesan dll.
Dalam cuplikan ini " Sahur Pertama Nusa dan Rara"
Adapun
dalam pengaplikasiannya yaitu dalam proses pembuatan tidak lepas dari 12
prinsip animasi dan motion capture yang saling terintegrasi dan saling
mendukung pembuatan aplikasi yang mampu membuat keaklerasian dalam membuat
dengan kualitas gerakan yang baik dan waktu yang relatif adapun beberapa prinsip animasi yang terkadung dalam cuplikan animasi ini yaitu :
1. Solid
drawing dan appeal yaitu bisa kita lihat dari sisi pembuatan sketsa dan daya
tarik pada tiap-tiap karakter
2. Straight
ahead dan Pose to pose ini adalah prinsip yang wajib agar dapat digunakan dalam
proses menggerakan karakter saat melakukan proses animasi secara manual, dalam
pendekatan pose to pose metode ini menawarkan perencanaan dan kejelasan dalam
proses animasi
3. Follow
Throygh and Overlaping Action
Merupakan
gerakan susulan dari kiri ke kanan terjasi setelah berhentinya pada karakter
atau benda yang melakukan.
4. Staging
Menampilkan
gerak pada keseluruhan aadegan yang tampak jelas dan detail yaitu mencakup
beberapa suasana atau mood pada setiap karakter sehingga penyajian ide sangat
jelas dalam suatu tindakan, kepribadian dan ekspresi.
5. Ease
in & ease out dan timing yang digunakan dalam pengaturan pada waktu, ease
in & ease out sebagai gerak pada
karakter secara natural, sedangkan pada timing agar dapat dimanipulasi dan
memberikan kesan bahwa kartu tersebut dari animasi
6. Archs
yaitu membuat penggerakan animasi dapat menjadi lebih alami, khususnya pada
gerakan manusia dan hewan. Cara berpikir dari prinsip ini adalah seperti sebuah
pendulum. Semua gerakan tangan, kaki, memutar kepala, dan gerakan bola mata
semuanya dilakukan dengan mengikuti sebuah kurva. Prinsip ini biasanya
diaplikasikan pada saat kita membuat inbetweening. Dengan Arch bisa membuat
dimensi pada gerakan animasi contoh membuat kepala sedikit menunduk dan pada
saatmenolehkan kepala akan membuat gerakan tampak lebih alami.
REFERENSI
https://youtu.be/iUuAdB-bJWg ( Video
Film)
http://animationforus.weebly.com/pengertian-12-prinsip-animasi.html\http://piksel.co.id/12-prinsip-dasar-animasi/
0 komentar:
Posting Komentar