Senin, 11 November 2019

Contoh Study Kasus Audit Sistem Informasi pada Digital Library System


(Studi Kasus pada  Universitas A)  Audit Sistem pada Digital Library System

Digital library merupakan dampak dari perkembangan teknologi informasi, dimana saat ini dibutuhkan ketersediaan dokumen dalam bentuk digital sehingga dapat digunakan kembali atau dimodifikasi oleh pengguna untuk tujuan tertentu, misalnya untuk penyusunan karya ilmiah.

Sampai saat ini sudah banyak universitas da perguruan tinggi yang memiliki digital libarary yang dapat diakskes dan memberikan akomendasi.

Dalam contoh kasus study kasus Audit Sistem Informasi disini saya mengambil contoh dari sebuah jurnal, yang mana penelitian tersebut menganalisa Audit sistem Informasi pada Digital System Universitas yang ada di Bandung yang telah memilik memiliki digital library dengan tujuan menyediakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan mahasiswanya seperti materi-materi kuliah, dokumen tugas akhir mahasiswa yang telah selesai sidang, dengan demikian mahasiswa dapat membaca dan/atau mengunduh dokumen digital tersebut sesuai keperluan mereka.

Tujuan pengukuran terhadap sistem informasi adalah untuk meyakinkan manajemen bahwa apakah kinerja sistem informasi yang ada pada organisasi nya sesuai dengan perencanaan dan tujuan usaha yang dimilikinya. Audit Sistem pada Digital Library merupakan wujud dari pengukuran tersebut. 
Secara umum kegiatan di dalam audit sistem yaitu :

1.        Mengumpulkan bukti
2.      Mengevaluasi bukti, adalah data yang menggambarkan kondisi nyata yaitu menyebarkan kuesioner secara acak kepada mahasiswa

Berdasarkan hasil pengumpulan bukti dari berbagai pertanyaan yang dilakukan secara kuesioner maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

1.      Kendali Input. Bagi mahasiswa yang sudah pernah menggunakan Digital Library, sebagian besar sudah mengetahui cara untuk login. Hal ini dikarenakan adanya validasi user yang tidak rumit (menggunakan NIM mahasiswa) dan validasi password yang baik dari aplikasi.

2.       Kendali Komunikasi. Kesesuaian link dan e- book memuaskan atau sangat memuaskan, hal input dikarenakan judul link tepat dengan e-book (isi e-book). Untuk kecepatan akses e-book tidak/kurang memuaskan dikarenakan lambatnya jaringan komunikasi. Hal ini dapat dikarenakan desain web yang tidak efektif atau kapasitas media penyipanan yang kecil dari web hosting nya atau dapat juga dikarenakan penyimpanan data di tabel yang tidak efisien menyebabkan aplikasi lama dalam mengakses data di basis data.

3.       Kendali Pemrosesan dan Basis Data. Sebagian menjawab fasilitas pencarian Search pada Digital Library memuaskan dikarenakan mudah pengoperasiannya, sedangkan sebagian lagi menjawab sulit hal ini dapat dikarenakan pengoperasiannya atau filtering datanya kurang baik. Mengenai kelengkapan menu e-book (atau ketersediaan sumber e-book) sebagian besar menjawab ketersediaan e-book biasa saja, namun ada juga yang menjawab lengkap.

4.         Kendali Output. Mengenai pertanyaan user friendly, sebagian besar menyatakan sudah sesuai dan jelas. Sedangkan mengenai tampilan e-Book sebagian besar menjawab kurang puas, namun sebagian lagi mengatakan sudah puas. Hal ini dapat dikarenakan tampilan e-Book tidak nyaman dibaca, dapat karena font e-Book terlalu kecil sehingga dalam 1 halaman user harus menggeser-geser scrollbar agar dapat membaca 1 halaman penuh.

Berdasarkan hasil evaluasi , maka terdapat beberapa rekomendasi di bawah ini :

1.      Kecepatan akses e-Book masih dirasakan lambat. Disarankan untuk membuat desain web yang lebih efisien, menambah media penyimpanan saat hosting web dan/atau memperbaiki struktur tabel.

2.      Kecepatan search e-Book masih dirasakan lambat. Dikarenakan fasilitas search yang tidak menggunakan filtering yang efektif dan efisien. Sebaiknya pada fasilitas search dibolehkan menginputkan satu kata atau lebih dari satu kata dan pencarian tidak hanya berdasarkan judul e- Book melainkan dapat dikategorikan ke beberapa subtopik.

3.       Kelengkapan e-Book masih dirasa biasa saja. Disarankan untuk menambah koleksi materi kuliah dan tugas akhir, dari berbagai jurusan dan dikategorikan lagi ke dalam bidang minat, mata kuliah dan dosen.

4.      Tampilan e-Book dirasakan masih kurang. Disarankan agar menyiapkan e-Book dalam bentuk interaktif, misalkan ada tombol next,previous, down dan top. Sehingga memudahkan pembacaan e-Book bagi mahasiswa.


REFERENSI

http://journals.telkomuniversity.ac.id/aptikom/article/download/661/519/









0 komentar:

Posting Komentar