Minggu, 19 November 2017

Laporan akhir Program Cobol Array 1 Dimesi


PROGRAM ARRAY 1 DIMENSI


IDENTIFICATION DIVISION : digunakan untuk mengidentifikasi program pertama kali, seperti judul program, nama pembuat, tanggal membuat, tanggal dikompile.
ENVIRONMENT DIVISION  : digunakan untuk peralatan pada program yang mau dipakai, seperti configuration section, input-output section, file control.
DATA DIVISION                        : berisi penyimpanan data yang digunakan dalam program, seperti file section, working-storange section.
WORKING-STORANGE SECTION : pemesanan tempat di internal memori (STORAGE) yang diperlukan oleh pekerjaan  (WORKING) proses program.
Disini WORKING-STORANGE SECTION kita gunakan untuk menyimpan data akan kita gunakan pada program.
01 DAT. = merupakan awal keterangan data record yang akan kita gunakan dengan level number 01.
02 NAMA PIC A(20) OCCURS 10 TIMES. = merupakan keterangan data item dari data record dengan level number 02, disini kita buat variabel NAMA dengan tipe data yaitu PIC (Picture Clause) A yaitu hanya menerima data berupa alphabetic yang berupa huruf saja dengan panjang karakter 20 lalu diikuti clause OCCURS yang berfungsi untuk mendeklarasikan seperti tabel disini OCCURS diklarasikan sebanyak 10 TIMES yaitu akan bisa mengulang variabel nama sampai 10 kali.
02 NPM PIC 9(8) OCCURS 10 TIMES. = disini variabel NPM dengan PIC 9 digunakan untuk tipe data numerik saja yaitu hanya  berupa angka dengan panjang karakter 8 lalu diikuti clause OCCURS yang berfungsi untuk mendeklarasikan seperti tabel disini OCCURS diklarasikan sebanyak 10 TIMES yaitu akan bisa mengulang variabel nama sampai 10 kali.
02 KELAS PIC X(5) OCCURS 10 TIMES. = disini variabel KELAS dengan PIC X digunakan untuk tipe data alpanumerik yaitu dapat menerima data berupa huruf dan angka dengan panjang karakter 5 lalu diikuti clause OCCURS yang berfungsi untuk mendeklarasikan seperti tabel disini OCCURS diklarasikan sebanyak 10 TIMES yaitu akan bisa mengulang variabel nama sampai 10 kali.
77 A PIC 99. = disini variabel data item A berdiri sendiri atau kita bisa sebut variabel konstanta karna dengan diawali level number 77 lalu dengan PIC 99 untuk tipe data numerik dengan panjang 2 karakter.
77 B PIC 99. = disini variabel data item B berdiri sendiri atau kita bisa sebut variabel konstanta karna dengan diawali level number 77 lalu dengan PIC 99 untuk tipe data numerik dengan panjang 2 karakter.
PROCEDURE DIVISION             : merupakan inti dari program yang berisikan statement – statement program, seperti move, display, accept, stop.
ACCEPT = berfungsi sebagai menerima inputan data yang akan kita masukan lalu di simpan di STORANGE dan akan di proses oleh WORKING.
PERFORM HASIL = disini berfungsi untuk menjalan kan operasi yang ada pada paragraf HASIL sifatnya seperti memanggil.
PERFORM TAMPIL = disini berfungsi untuk menjalan kan operasi yang ada pada paragraf TAMPIL sifatnya seperti memanggil.
VARYING A FROM 1 BY 1 UNTIL I > B = akan melakukan perhitungan perulangan variabel A dari 1 oleh satu sampai nilai variabel A lebih dari nilai variabel B jadi jika sudah mencapai nilai B maka akan berhenti melakukan perulangan.
Pada paragraf HASIL terdapat WITH NO ADVANCING setelah DISPLAY yang memiliki fungsi untuk mencetak hasil output selanjutnya dengan mendatar atau menambah nilai selanjutnya dengan setelah DISPLAY CLAUSE maka seperti hasil yang akan dicetak di baris baru akan dicetak dibaris yang sama lalu setelah itu baris baru.
Jadi Display pada program berfungsi hasil dilayar ataupun printer, lalu Stop Run digunakan untuk menghentikan program selamanya atau permanen.
Lalu DISPLAY SPACE berfungsi mencetak atau menampilkan spasi pada baris, jadi SPACE berfungsi untuk spasi pada baris yang bersangkutan.
Disitu terdapat garis yang menandakan batas setiap kolom, seperti :
Garis Merah : Kolom 1 – 8
Garis Kuning : Kolom 8 – 12
Garis Hijau : Kolom 12 – 73
Garis Biru : Kolom 73 – 80
Jadi kalian dalam pengetikan dalam program cobol ada aturannya untuk setiap kolom jika salah maka akan terjadi error atau program tidak mau jalan.
1.       Jika sudah mengetik programnya maka kalian harus mengkompile program dengan menekan tombol F8 atau ikon    untuk mengecek apakah ada yang salah atau tidak, jika tidak ada yang error atau compilation succeeded di window log tab issue maka program cobol tidak ada salah syntax atau error.
2.       Jika sudah kita hanya tinggal run programnya dengan tekan tombol pada F5 pada keyboard atau ikon  untuk menjalankan programnya.




Tampilan Output ARRAY 1 DIMENSI


0 komentar:

Posting Komentar