Minggu, 26 Maret 2017

MAKALAH MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


DI SUSUN OLEH
INTAN MELA MULYASARI
13116544
1KA24

FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN
SISTE INFORMASI
2017



KATA PENGANTAR

         Puji syukur kehadirat Tuhan Tuhan yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah sederhana ini yang berjudul "Makalah Manusia dan Kebudayaan". 
    Saya sampaikan terimakasih kepada dosen dan semua pihak yang senantiasa membantu dalam kelancaran makalah ini saya menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran dari pihak manapun senantiasa akan kami terima untuk menjadikan makalah ini sesuai dengan harapan. semoga makalah ini mendapat perhatian dan bermanfaat  bagi semuanya, sehingga dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepanya dapat lebih baik.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

    Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makluk tuhan di ciptakan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secra turun temurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari-hari dan juga dari kegiatan-kegiatan yang sudag diatur oleh Tuhan Yang Maha Esa.
   Manusia memiliki kehidupa yang sangat rumit, mereka tidak dapat hidup sendiri, oleh karena itu mereka pasti memilik hubungan dengan segala sesuatu di dalam ruang lingkup hidupnya, baik itu hubungan dengan sang pencipta, sesama manusian lingkungan sekitarnya maupun dengan mahkluk lain di alam ini. Semua aspek relasi hidup tersebut haruslah terpenuhi secara merata.
  Tentunya manusia perlu beradatasi dengan keadaan lingkungan hidup di sekitarnya karena itu merupakan tahap awal pembelajaran untuk dapat menjadi pribadi yang berkuallitas. Dimulai dari pemahaman tentang norma dan nilai yang berlaku sampai kepada ilmu pengetahuan yang luas.
   Sosolisasi antara sesama manusia yang berwawasan akan membentuk suatu kebudayaan, kebudayaan tersebut akan menjdi suatu bukti perkembangan hidup manusia.
Manusia merupakan salah satu dari mahluk hidup yang secara tidak langsung dipengaruhi oleh keadaan lingkungan hidup sekitarnya, baik secara vertikal maupun horizontal, setiap manusia memiliki banyak kebutuhan untuk bertahan hidup, kebutuhan tersebut didapatkan dari linkungan, oleh karen itu lingkungan memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia.
.
1.2 Rumusan Masalah

      Rumusan masalah yang terkandung dalam makalah ini meliputi :

1. Pengertian manusia dan hakekatnya
2. Apa saja unsur-unsur yang membangun manusia?
3. Bagaimana kepribadian bangsa timur?
4. Apa saja yang dimaksud dengan kebudayaan?
5. Apa saja unsur-unsur kebudayaan?
6. Bagaima kaitan manusia dengan kebudayaan?

1.3 Tujuan Penulisan

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas yang diberikan kepada penulis dan juga sebagai belajaran bagi penulis, disamping itu, penulis makalah ini juga diharapkan untuk :
1. Dapat mengetahui apa itu manusia dan hakekat manusia
2. Dapat mengetahui apa saja unsur-unsur yang membangun manusia
3. Dapat memahami tentang bagaimana kepribadian bangsa timur
4. Dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan kebudayaan
5. Mengetahui apa saja unsur-unsur dari kebudayaan
6. Dapat mengetahui bagaimana manusia dengan kebudayaan


0 komentar:

Posting Komentar