Selasa, 09 Januari 2018

Ulas 5 Bahasa Pemograman yang sulit, berani coba ?

5 Bahasa pemrograman paling sulit di Dunia – 
HALOOO kali ini gue bakal ngebahas bahasa pemograman yang amat tersulit,btw kalian bisa bayangin gasih bahasa pemograman apa yang paling susah kalau menurut gue sih susah semua  hahaha  apalagi Pascal haduuuuu (maaf gue curhat)

Kalo yang udah biasa atau suka banget sama pemoraman nih ya biasanya sih kita semua udah gak asing buat mempelajari tentang  dunia pemrograman dengan menulis kode program seperti Java, C, C++, dll. Atau enggak ] teman-teman atau senior kita sudah banyak nih yang sering pake bahasa yang sedikit sulit misalnya seperti PASCAL, FORTRAN, COBOL, dll. Jika dibandingkan dengan C atau Java, kalian pasti sangat setuju kalau PASCAL dan FORTRAN lebih sulit dan bisa membuat kamu garuk-garuk kepala sampe botak wkwkkwkw 
Tapi dilain cerita ada bahasa pemograman yang lebih sulit buat dipelajari loh ,kalau dibandingkan dengan beberapa bahasa pemrograman yang lainnya, ada juga bahasa pemrograman yang mungkin butuh lebih dari sekedar garuk-garuk kepala pas kita nyoba buat pelajarinya butuh kekuatan batin yang amat dahsyatt hmmm.
Oke langsung aja ya kita bahas 5 bahasa pemograman yang astinya bakal buat hari hari kalian terasa indah dan botak 😊

1. Brainfuck

Bahasa ini sangat sulit, sama seperti namanya. Brainfuck diciptakan oleh Urban Müller pada tahun 1993, tujuannya dibuat untuk membuat bahasa yang bisa ia tulis dengan menggunakan compiler yang sangat kecil dan memungkinkan untuk dijalankan pada OS Amiga versi 2.0
Brainfuck beroperasi pada sel memory yang berbentuk Array. Setiap array-nya dimulai dari angka 0. Bahasa ini hanya mempunyai 8 command yaitu ><+-.,[
Program simple untuk menampilkan "Hello Word" saja akan terlihat seperti ini :




2. COW

Berbeda dengan Phyton yang pada penulisan scriptnya sama sekali tidak ada hubungannya dengan ular phyton. Cow disini adalah dalam artian yang sebenarnya, yaitu "Sapi". Cow didesain hanya dengan 3 huruf yaitu "M" dan "O" .. wahh bagaimana jadinya jika suatu bahasa pemrograman hanya bisa ditulis dengan 2 huruf? 
Berikut adalah script program bahasa Cow untuk menampilkan "Hello Word".



3. INTERCAL

Intercal merupakan bahasa pemrograman esoteris yang dibuat sebagai parodi oleh Don Woods dan James M.Lyon, mereka adalah mahasiswa di Princeton University, pada tahun 1972. 
Ada dua versi yang saat ini dikembangkan INTERCAL, yaitu : C-INTERCAL yang dikelola oleh Eric S. Raymond, dan CLC-INTERCAL yang dikelola oleh Claudio Calvelli.
INTERCAL memiliki banyak fitur lain yang membuatnya semakin tidak menyenangkan untuk para programmer seperti "READ OUT", "IGNORE", dan kata kunci pengubah, yaitu "PLEASE". Untuk kata kunci PLEASE ini memiliki dua alasan ditolak oleh Compiler. Yaitu jika tidak terdapat kata "PLEASE" dalam suatu program, program ditolak karena dianggap tidak sopan, dan jika terdapat terlalu banyak kata "PLEASE" program ditolak karena dianggap terlalu sopan.

Untuk program yang menampilkan tulisan Hello Word akan seperti ini scriptnya :




4. WHITESPACE

Whitespace dirilis pada 1 April 2003. Awalnya, sebagian besar orang berpikir ini adalah lelucon April Mop! Tapi ternyata tidak. Seperti namanya, dalam bahasa ini hanya ada tiga perintah yaitu spasi, tabs, dan garis baru(Tombol Enter). Interpreter dari WHITESPACE ini tidak bisa menerima karakter non-whitespace karakter, itu berarti ketika kita menuliskan script kode menggunakan bahasa ini, maka tidak ada satupun karakter yang ditampilkan.
Mungkin ketika kita debugging suatu program, harus membutuhkan insting ketika mencari bagian mana yang Error. Ntah lah, apa maksud dari si pembuat bahasa ini :D. 

5. CHEF

Cheff adalah bahasa pemrograman yang membuat programming terlihat seperti resep dari suatu makanan :D. kayaknya ni ya yang buat ini hobi masak ya hmm

Menurut halaman resminya, berikut adalah prinsip-prinsip desain bahasa CHEF : 
Resep program tidak hanya mengeluarkan outpu, tetapi harus juga gampang disajikan dan memiiki rasa yang lezat.
Resep harus memungkinkan untuk memasak dengan anggaran yang berbeda (baca : sedikit).
Resep harus sulit, tetapi dapat menggunakan peralatan masak tradisional seperti sendok dan cangkir.
Program "Hello World" akan terlihat seperti resep makanan di buku masakan, yaitu seperti ini :




Nah, itulah 5 bahasa pemrograman paling sulit didunia. Saran gue ya alangkah baiknya gausah sobat programer belajar-5 bahasa diatas, karena selain sulit, mungkin bisa dibilang “ini apaan ya” hmmm ??

0 komentar:

Posting Komentar